Mimpi mahasiswa

Sabtu, 19 Maret 2011

Impian seorang pelajar adalah lulus dengan nilai terbaik dan dapat melanjutkan jenjang pendidikannya ke tahap yang lebih tinggi. Begitu pula impian seorang mahasiswa tingkat akhir (apalagi kalau dia dah 5 tahun lebih bercokol di kampus). Impian untuk lulus dengan cumlaude mungkin bukan lagi target mahasiswa abadi ini (haduh…kok dibilang abadi ya??) Bagi mereka yang dah sering ditanya “kapan lulus?” yang terpenting adalah bisa segera menjawab pertanyaan itu dengan kalimat “Alhamdulillah sudah, mang mau kasih hadiah apa?(bolehkan ngarep…)”
Impian seorang pelajar adalah segera LULUSSSSSS!!!!!!
Impian seorang pelajar adalah segera LULUSSSSSS!!!!!!
Alasan kenapa saya menulisakan catatan ini karena begitu sedih ketika banyak saudara2 saya yang akhirnya tidak menyelesaikan kuliahnya (padahal hanya tinggal skripsi saja…) Mungkin beragam alasan, tapi bagi saya hal itu  jelas sangat disayangkan. Ada yang akhirnya pindah kampus (setelah 7 tahun bergulat di kampus yang lama). Namun, ada juga yang akhirnya keluar begitu saja (haduh sayang bangetkan…)
Ada beberapa alasan kenapa anak tahun ke-5 dah stress kalau ditanya “kapan lulus”  (bahkan mereka berharap gak ada orang yang tanya hal itu #sensitif coy…#) Alasan itu antara lain :
  1. Sudah diomelin nyak babe. Suka gak tega setiap ditanya “loe kapan lulusnya neng/tong”, dengan mata penuh harapan *nih dia anak kebanggan gue…*
  2. Sudah gak ada dana tuk ngelanjutin lagi. Kan sayang tiap semesternya keluar uang. Mending buat modal usaha (kan banyak pengusaha yg bukan lulusan sarjana)
  3. Dah gak sabar untuk menggenapkan setengah dien (alias nikah) Gak berani untuk mengambil keputusan itu karena ada kewajiban lain yang belum terselesaikan (apalagi kalau bukan masalah KELULUSAN)
  4. Teman-teman satu angkatan dah satu per satu lulus. Jadi, gimana gak stress tuh..
Nah,  gimana caranya tuk kalian yang memang dah lumayan ‘lumutan’ hidup di kampus dapat menghadapi masalah tersebut? ada beberapa tips untuk mahasiswa semester akhir, yaitu :
  1. Tetap optimis, meski DP dah cuap2. Bahkan dah dikasih “surat cinta” dari jurusan. Lebih baik telat daripada tidak sama sekali (kan sayang, dah berapa tahun kuliah masa begitu aja ditinggal cuma karena skripsi). Tidak ada yang tidak mungkin. So, Never Give Up Keep Fight.
  2. Ingat perjuangan ketika awal kuliah. Mulai dari perjuangan tuk berebut kursi di kampus yang diharapkan, bergulat dengan semua tugas kuliah, mimpi tuk bisa memakai toga, dll…So, jangan sampai ingatan itu dibuang begitu saja. Tetap jadikan ingatan itu sebagai salah satu hal yang dapat memotivasi kita.
  3. Dunia profesional menunggu sarjana-sarjana baru yang memiliki kredibilitas. Meskipun ada sebagian tempat yang sudah mempekerjakan mahasiswa tingkat akhir kita jangan sampai terlena (merasa nyaman…padahal suatu saat tempat kita bekerja akan meminta legalitas kelulusan tersebut). So, sebelum diminta maka berusahalah tuk segera lulus ya..
  4. Janji dari sang Pencipta. “Allah tidak akan mengubah suatu kaum, sampai kaum itu mengubah nasibnya sendiri”. Kalau Allah saja sudah memberi kepastian kenapa harus ragu???Yang terpenting USAHA!!!!
Sahabat, semester akhir bukan akhir segalanya. Masih banyak kesempatan, harapan, dan keajaiban yang akan terjadi. Tetap ikhtiar, doa, dan berpikir positif adalah hal terbaik yang dapat dilakukan…Ketika waktu itu tiba (baca ; wisuda) Bersegeralah untuk segera bermimpi LANJUTKAN S2….

0 komentar:

Posting Komentar